Minggu, 03 Maret 2013

Mesjid Al Khaif di Mina


                 Mesjid Al Khaif di Mina dan Sejarahnya

3 MARET 2013 OLEH HUDAN

Masjid Al Khaif
Mesjid Al Khaif adalah mesjid yang terletak di Mina, dimana mesjid itu berdiri di kaki bukit sebelah selatan Mina, tidak jauh dari tempat Jumrah Ula. Imam Al Baihaqi meriwayatkan dengan sanad dari Ibnu Abbas "Ada tujuh puluh nabi yang pernah mengerjakan sholat di Mesjid al-khaif, bereberangan dengannya adalah jembatan Jamarat.


Mesjid Al Khaif dikenal pula dengan nama Masjid al-Muaisyumah, dimana nama tersebut diambil dari sebuah nama pohon "Al Muaisyumah" yang terletak di lokasi tersebut.

Masjid Al khaif bisa bermakna dan memiliki arti "tempat tinggi di bumi" karena terletak di kaki gunung Shabih. Mesjid ini dibangun pada masa Nabi Muhammad SAW dan terus dilakukan perkembangan seiring perkembangan islam.

Bentuk bangunan mesjid tetap bertahan sampai Mekkah masa pemerintahan dinasti Ottoman, dan mulai mengalami perubahan dan perkembangan besar besaran pada zaman kerajaan Arab Saudi hingga mencapai 13.000 m2. Mesjid ini sekarang menjadi mesjid ketiga terbesar di Kota Mekkah Al Mukarramah setelah Masjidil Haram dan Masjid Namirah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar